FANDOM

Memang benar aku tidak tinggi, tapi aku bisa melompat!
Shōyō Hinata
Hinata's joy being in a clubroom
Kanji 日向 翔陽
Rōmaji Hinata Shōyō
Informasi Karakter
Juga Diketahui Sebagai The Strongest/Ultimate Decoy

Number One Shortie (oleh Tanaka)
Simpleton Idiot (oleh Tsukishima)
Shrimp/Chibi-chan (oleh Oikawa, Kuroo, dan Bokuto)
Shrimpy/Shrimp (oleh Coach Ukai, Yaku dan Tsukishima)
Mini Spider Man (oleh Yūji)
Bodoh (oleh Kageyama)
Ball Boy
Shōyō-san (oleh Takinoue)
Sho-chan (oleh Izumi)
Nomor 10 (oleh penonton/tim lawan)

Jenis Kelamin Laki-laki
Tanggal Lahir 21 Juni
Umur 16
Tinggi 162.8 cm (5' 4.1") - April
164.2 cm (5' 4.7") - November
Berat 51.9 kg (114.4 lbs)
Informasi Latar Belakang
Keluarga Natsu Hinata (adik perempuan)
Ibu yang tidak dinamai
Cita-cita Untuk menjadi pemain seperti Raksasa Kecil
Menjadi ace Karasuno
Bekerja keras untuk tumbuh tinggi
Suka Bola voli
Tamago Kake Gohan
Bakpao daging
Tidak Suka Menjadi pendek
Belajar
Duduk diam
Status Profesional
Pekerjaan Siswa SMA (Tahun pertama, Kelas 1)
Tim SMP Yukigaoka (sebelumnya)
SMA Karasuno
Nomor 1 (sebelumnya)
10
Posisi Wing Spiker (sebelumnya)
Middle Blocker
Informasi Debut
Manga Akhir dan Awal
Anime Akhir dan Awal
Informasi Pengisi Suara
Seiyū Ayumu Murase
Bahasa Inggris Bryson Baugus

Shōyō Hinata (Jepang: 日向 翔陽 Hinata Shōyō) adalah protagonis utama dalam seri Haikyū!! karya Haruichi Furudate. Ia adalah murid tahun pertama di SMA Karasuno dan salah satu middle blocker pada tim bola volinya. Mimpi Hinata adalah menjadi cukup kuat untuk memukul spike melewati blocker tinggi, sama seperti idolanya, Raksasa Kecil, pernah lakukan. Namun, karena kurang tinggi untuk bermain sebagai middle blocker secara efektif, untuk mengimbangi ia dikhususkan dalam melompat.

Penampilan Sunting

Hinata setinggi 164.2 cm, membuatnya jadi pemain terpendek kedua di timnya, lebih tinggi dari Nishinoya (walaupun tinggi ini sebenarnya tinggi rata-rata untuk siswa SMA di Jepang dan juga pria dewasa). Ia berambut jingga berantakan dan mata coklat. Tubuhnya yang kurus dan kecil sering membuat orang salah paham bahwa dia merupakan siswa SMP (atau bahkan kadang SD). Hinata biasanya mengenakan seragam sekolah Karasuno dengan jaket hitam dan celana hitam. Di bawah jaketnya, ia mengenakan baju hangat krem. Pada episode pertama, ia mengenakan seragam voli berwarna hijau dari SMP-nya.

Saat bertanding, Hinata mengenakan seragam volinya-kaos biru dongker dengan celana pendek berwarna sama dengan garis putih dan jingga pada sisinya. Pada bagian belakangnya tertulis nomor punggungnya, 10 (secara tidak sengaja merupakan nomor punggung yang sama dengan Raksasa Kecil) dan nama sekolahnya tertulis dalam kanji. Di lapangan, ia menggunakan bantalan lutut dan sepasang sepatu voli berwarna putih dengan garis merah.

Kepribadian Sunting

HinatadanInuoka

Hinata berkepribadian ceria dan enerjik. Ia mudah bersemangat dan sedikit berisik, mirip dengan Nishinoya dan Tanaka. Pada umumnya, Hinata berpikiran sederhana yang sering membuatnya menentukan keputusan yang terburu-buru. Namun, ia sering menunjukan kemampuan pengamatan yang tajam. Ia mampu membaca situasi sosial dan berempati tinggi pada kesulitan orang lain. Misalnya, ia sering mengatakan apa yang perlu didengar orang lain untuk mendorong mereka pada arah yang benar. Ia juga merupakan orang yang pandai berbicara secara natural, kualitas yang kadang digunakan rekannya untuk memenangkan seseorang (Nishinoya, misalnya). Kepribadiannya yang ramah dan His friendly and terus terang membuatnya bisa berteman dengan orang yang paling pendiam dengan mudah, seperti Kenma dari SMA Nekoma dan Aone dari SMA Date Tech.

Namun, meski biasanya berkepribadian ceria, Hinata juga menunjukkan sifat seriusnya, biasanya ketika berbicara tentang bola voli. Cintanya yang kuat kepada olahraga ini ditunjukkan melalui penampilannya yang mengesankan dari keuletan yang berasal dari keinginannya yang konstan untuk meningkatkan kemampuannya. Seperti yang dikatakan Sugawara, Hinata bermain dengan kegigihan besar dalam menghadapi kesulitan, dan dengan demikian tidak mudah menyerah selama pertandingan.[1] Hinata juga bisa menunjukkan ekspresi yang sangat mengintimidasi ketika orang meremehkannya. Bagaimanapun, Hinata mudah takut, terutama ketika menghadapi lawan yang lebih besar dan lebih kuat. Ini memunculkan kebiasaannya bersembunyi di belakang rekan setim terdekatnya. Namun, ia pulih dengan cepat sebelum dengan yakin menantang lawan-lawan mereka.

Hinata, seperti Kageyama, memiliki hasil belajar yang buruk di sekolah karena dia juga hanya fokus pada voli. Ia pernah berkata ke Sugawara bahwa sejak SMA, ia tidak pernah mendapat nilai dengan dua digit pada setiap ujiannya.[2]

Statistik Sunting

Statistik Original
Kekuatan
 
1/5
Lompatan
 
5/5
Stamina
 
5/5
Akal permainan
 
1/5
Teknik
 
1/5
Kecepatan
 
5/5
Hinata sering dideskripsikan ceroboh, tapi sangat atletis. Ketika pertama masuk Karasuno, ia tidak banyak tahu tentang voli dan hanya fokus pada pukulan spike. Namun, dengan bantuan teman setimnya yang baru, ia lalu mempelajari teknik-teknik dasar permainan voli. Meskipun tidak berpengalaman, Hinata dengan rajin mencoba untuk mencari tahu apa yang bisa ia lakukan untuk membantu dalam pertandingan. Ia tidak takut mencoba hal-hal baru dan dengan mudah berimprovisasi ketika hal tidak berjalan sesuai rencana. Ia mudah belajar hal baru yang mampu meningkatkan kemampuannya dengan hanya memperhatikan orang lain dan meniru gerakan mereka (walaupun hampir selalu gagal pada percobaan pertama). Hinata juga salah satu dari beberapa pemain yang memiliki kemampuan untuk bisa melihat seluruh bagian lapangan seberang ketika dia mencapai puncak lompatannya. Dia telah mengatakan bahwa ketika dia melompat untuk melakukan spike, dia bisa melihat gerakan lawan-lawannya dan bahkan ekspresi di masing-masing wajah mereka.

Sejak Ekspedisi Tokyo, keseluruhan kemampuan Hinata meningkat pesat. Koordinasi dan gerakannya meningkat dengan semakin dikuasainya kemampuannya untuk menerima bola saat di udara, memampukannya untuk melakukan beberapa penyelamatan yang hampir mustahil. Selain itu, Hinata sekarang bisa bertarung di pertempuran udara menggunakan pemblokiran dan tipuan.

Hinata tidak dikenal sebagai pemain yang kuat, tetapi lebih sebagai orang yang memanfaatkan kecepatan dan stamina untuk keuntungannya. Di atas segalanya, aset utama Hinata adalah kegigihan dan tekadnya untuk menang.

Kemampuan Sunting

  • Stamina dan kecepatan: Hinata dikenal sebagai pemain tercepat di timnya dan memiliki reflek dan mobilitas yang luar biasa. Dia juga seperti memiliki stamina yang tak terbatas, yang dibentuknya dengan mengendarai sepeda tiga puluh menit melewati bukit untuk sampai ke sekolah. Hinata bisa dengan mudah berlari dari satu sisi lapangan ke sisi yang lain sebelum lawan bereaksi. Namun, kecepatannya bisa menjadi masalah, menyebabkan dia menabrak net karena terlalu banyak momentum.
  • Lompatan: 
    Hinata jump
    Hinata memiliki kekuatan lompatan yang luar biasa untuk mengimbangi kekurangan fisiknya. Lompatan vertikalnya hampir mencapai 1.23 m, atau hampir 50 inci (48.4). Dikombinasikan dengan mobilitasnya, ia mampu melompat secara diagonal untuk menghindari blocker. Ia juga bisa menambahkan awalan lari untuk menambah tinggi blokirannya. Karena lompatannya yang mengesankan, gerakannya sering disebut "terbang" oleh penonton.
  • Umpan: Hinata dijuluki sebagai "Umpan Utama" karena kemampuannya untuk menarik perhatian lawan, sehingga memungkinkan spiker lain untuk mencetak angka lebih mudah. Baru-baru ini, Hinata telah menambahkan taktik bauran-dan-mengalihkan perhatian pada gerakannnya. Dia sekarang dapat menyesuaikan tempo baik untuk mencocokkan sisanya untuk serangan tersinkronisasi all-in atau menyerang dengan tempo-minus cepat. [3]

ReferensiSunting

  1. Bab 3
  2. Bab 72
  3. Bab 226